by

Sebab dan Cara Mengobati Penyakit Epilepsi

Sebab dan Cara Mengobati Penyakit EpilepsiEpilepsi merupakan sebuah penyakit yang mengganggu sistem neurologis dengan kronis sehingga berakibat pada terjadinya kejang yang tidak beralasan dan terjadi secara berulang. Kejang tersebut merupakan tanda adanya keabnormalan pada aktifitas neuronal, seperti terjadinya aktifitas yang berlebihan pada otak. Biasanya penyandang penyakit ini akan mengalami rendah diri karena penyakit tersebut akan membuat penderitanya mengalami kejang sewaktu-waktu dan sulit diantisipasi. Penyakit ini memang tidak dapat diprediksi namun dengan terapi tertentu, kejadian kejang dapat diminimalisir serta dapat membantu mengobati penyakit epilepsi ini.

 

Apa penyebab epilepsi?

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab atau sumber penyakit epilepsi ini. Sebelum kita mempelajari bagaimana cara mengobati penyakit epilepsi, mari kita kenali terlebih dahulu apa penyebab penyakit ini.

  • Faktor genetik

Yang pertama adalah faktor genetik. Faktor ini bersifat bawaan dari lahir sehingga tidak dapat dicegah. Saat ini masih belum dapat diketahui penyebab pasti penyakit epilepsi yang berdasarkan faktor genetik ini.

  • Trauma kepala

Faktor yang kedua adalah karena adanya trauma yang terjadi di daerah kepala dan menyebabkan terjadinya penyakit ini. Trauma dapat disebabkan karena cidera pada daerah kepala yang cukup parah atau yang tidak mendapatkan penanganan yang baik sebelumnya.

  • Kerusakan otak

Kerusakan otak dapat terjadi akibat beberapa hal. Yang pertama adalah akibat penyakit degeneratif seperti stroke, yang kedua bisa jadi karena menderita penyakit yang lebih berat seperti kanker otak, dan yang terakhir adalah terjadinya kerusakan otak pada saat proses melahirkan.

  • Konsumsi alkohol

Mengkonsumsi alkohol sudah terbukti berbahaya bagi tubuh, salah satunya adalah dapat menyebabkan penyakit epilepsi ini sehingga Anda harus hati-hati dalam mengkonsumsi alkohol, atau lebih baik lagi menghindarinya demi kesehatan Anda.

Bagaimana cara mengobatinya?

Selain mengkonsumsi obat secara teratur, melakukan diet katogenik juga dapat membantu mengobati penyakit epilepsi. Diet ini mengatur ulang pola makan penderita epilepsi dengan mengurangi atau bahkan menghilangkan konsumsi gula sama sekali dalam dietnya serta memperbanyak konsumsi makanan yang berlemak. Diet ini telah terbukti secara medis dapat membantu mengurangi terjadinya kejang pada penderita. Yang dikhawatirkan dari melakukan diet ini adalah penderita menjadi kekurangan zat gizi tertentu dalam tubuh terutama kekurangan gula yang dapat menyebabkan gula darah dalam tubuh menjadi sangat rendah. Untuk menghindari hal tersebut, diet ini harus diawasi oleh ahli gizi serta bimbingan dokter yang intens. Cara ini dapat menjadi cara yang efektif, bahkan penggunaan obat dapat berkurang atau dapat dihentikan sama sekali jika hasilnya baik.

 

Ketekunan dan kemauan untuk sembuh adalah kunci utama dalam mengobati penyakit epilepsi. Perhatian keluarga dan orang terdekat juga diperlukan untuk membuat penderita epilepsi tetap semangat menjalani pengobatan.

Read Another Post :